Minggu, 18 Januari 2009

Printer HP Deskjet D2556

Dunia linux memang penuh dengan cobaan yang membutuhkan kesabaran, keuletan dan yang terutama adalah kemauan. Bagaimana tidak, seringkali saat menggunakan peralatan dan perlengkapan baru dihadapkan dengan kendala tidak tersediannya driver dan petunjuk penginstalasiannya dengan menggunakan operating system linux.


Kembali kepada diri kita, apakah kita menganggap suatu masalah akan menjadi beban atau tantangan. Jika kita beranggapan segala sesuatu menjadi beban, maka kita akan selalu dihadapkan pada pilihan untuk membeli. Bila tidak ada uang kita akan meminta, dan jika tidak ada uang dan tidak ada yang memberi maka kita akan mencuri. Itulah pilihan hidup jika kita beranggapan segala masalah adalah beban.


Berbeda bila kita menganggap suatu masalah adalah tantangan. Kita akan selalu dihadapkan pada pilihan untuk mengatasi. Bila tidak mampu akan mencari, dan jika tidak mampu dan tidak ketemu maka kita akan selalu mendapatkan pilihan yang terakhir, yaitu selalu mencoba mencari dan mengatasi. Akan selalu berputar.


Bagaimana bila kita dihadapkan dengan batasan waktu, tenaga dan biaya. Itu semua tetap akan menjadi tantangan. Ingat kita diberi selalu diberi cobaan sesuai dengan kemampuan kita, termasuk masalah dalam bekerja. Setiap masalah selalu ada jalan keluar walaupun kadangkala jalan keluarnya tidak selalu menyenangkan kita.


Setelah mencari-cari dan bertanya-tanya pada paman gugel, akhirnya pencarian untuk menginstalasi printer HP Deskjet D2556 di Ubuntu 8.04 membuahkan hasil. Berikut langkah-langkahnya.


1. Download file hplip-2.8.12.run (alamatnya silakan tanya pada paman gugel).


2. jalankan file dengan perintah: sudo sh hplip-2.8.12.run


3. Jika ada pesan error/kesalahan jangan dilanjutkan. Komputer/Notebook di shutdown dan tunggu beberapa saat, kemudian hidupkan kembali.


3. Ikuti langkah-langkah selanjutnya dengan pilihan default yang disediakan.


4. pada saat tampil gui untuk memilih jenis koneksi, pilih koneksi dengan menggunakan usb.


5. Pasang kabel usb yang menghubungkan printer hp deskjet d2556 dengan komputer/notebook.


6. Hidupkan power printer hp deskjet d2556.


7. Ikuti langkah-langkah instalasi printer hp deskjet d2556 selanjutnya dengan pilihan default yang disediakan.


8. Insya Allah printer HP Deskjet D2556 siap untuk dipergunakan.



Indra Sufian, Kepulauan Riau, 18 Januari 2009.

Tidak ada komentar: