Jumat, 16 Januari 2009

Bug HPLIP di Ubuntu

Dunia akan menyenangkan seandainya dibebaskan untuk selalu dapat memilih. Memilih operating system yang gratis dengan kemampuan yang luar biasa adalah salah satu keajaiban dunia saat ini. Tidak pernah pernah terbayangkan sebelumnya kalau operating system dapat dipergunakan secara bebas dan gratis. Yang jadi pertanyaan ada yang bebas dan gratis serta halal kok masih pakai yang haram? Ya haram karena dari hasil membajak. Membajak itu sama juga mencuri, walaupun katanya mencuri kecil-kecilan... :) . Yang namanya mencuri ya tetap mencuri walaupun hanya kecil-kecilan.


Sudahlah, tak baik menghujat orang dan menjelek-jelekan. Yang penting berawal dari diri sendiri, niat kan untuk selalu mencari yang baik dan meninggalkan yang buruk (tidak termasuk menukar sandal/sepatu yang jelek kita di mesjid).


Kawan-kawan di kantor akhirnya nyerah juga karena tak sanggup lagi mengatasi virus yang merajalela, akhirnya kawan-kawan di kantor bersedia untuk memakai linux di komputer desktopnya masing-masing. Distro yang dipergunakan adalah Ubuntu Hardy. Kesulitan yang pertama adalah mencetak. Printer yang dipergunakan HP Laserjet 1020 dan HP Deskjet 845C. Kesulitan terjadi saat satu komputer dijadikan sebagai tempat untuk sharing printer. Jika menggunakan windows hal ini akan sangat mudah sekali, tetapi jika menggunakan ubuntu komputer tersebut tidak dapat dipergunakan untuk mencetak dan tidak dapat di sharing.


Setelah browsing, searching, chating sampai pusing tujuh keliling di kening akhirnya datang juga bahwa itu adalah bug di HPLIP. Untuk Mengatasi permasalahan tidak dapat mencetak dengan printer HP Laserjet 1020 dan HP Deskjet 845 menggunakan command line.


1. jalankan command line


2. ketikan: sudo hp-setup


3. Akan keluar tampilan menu gui setup printer HP


4. Pilih koneksi dengan menggunakan USB


5. Selanjutnya ikuti pesan-pesan berikutnya dengan menekan tombol next.


6. Insya Allah komputer akan dapat mencetak langsung dengan menggunakan kabel USB.


Supaya printer tersebut dapat diakses oleh komputer lain, dengan langkah-langkah berikut:


1. Pilih Menu System > Administration > Printing


2. Selanjutnya akan tampil gui untuk setup printer


3. Pilih Server Setting


4. Pada kolom sebelah kanan akan ada beberapa pilihan.


5. Centang pada pilihan Show Printer shared by other systems.


6. Centang pada pilihan Share published printers connected to this system.


7. Pilih tombol Refresh the list of the printer queues.


8. Insya Allah komputer yang lain dapat mencetak dari printer yang ada di komputer anda.



Indra Sufian, 16 Januari 2009

Tidak ada komentar: