Kamis, 15 Januari 2009

Melihat kawan chating yang sedang invisible

Chating merupakan salah satu kegiatan sosialisasi bagi pecinta komputer. Dengan chating kita bisa berkenalan dan berbicara lewat tulisan dengan rekan-rekan di seluruh belahan dunia. Walaupun begitu, kadang kala ada rekan-rekan yang tak ingin privacy nya terganggu. Sementara itu masih tetap ingin bersosialisasi dengan rekan-rekan tertentu saja.


Akhirnya pilihan jatuh pada invisble. Masih tetap dapat berkomunikasi tetapi hanya dengan rekan-rekan tertentu saja. Jika menggunakan program messenger yang ada di Windows kita tak dapat mengetahui rekan-rekan yang login dengan invisible ( setahu saya... :) ), tetapi jika menggunakan operating system linux, kita mempunyai program messenger pilihan yang dapat mengetahui jika rekan kita sedang chating menggunakan invisible.


Program messenger yang mempunyai fasilitas untuk mengetahui rekan-rekan kita yang login dengan invisible adalah gyache. Messenger ini untuk sementara waktu hanya tersedia di sistem operasi linux.


Cara menginstalasinya cukup mudah, demikian juga untuk cara mempergunakannya. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi linux tentu bukan hal yang sulit untuk melakukannya.


Instalasi di Fedora (Fedora 7 ke atas dan menggunakan user root), cukup dengan mengetikan:


# yum -y install gyache


Bagaimana dengan user yang menggunakan Ubuntu? Karena di ubuntu program messenger ini belum dimasukan kedalam repository nya, untuk sementara waktu proses penginstalasiannya dilakukan secara manual.


1. Download program gyache di alamat ini : http://gyachi.sourceforge.net/download.shtml


2.



Indra Sufian. Batam, 15 Januari 2009

Tidak ada komentar: